Wednesday , 22 November 2017

Up Grading 2017

Pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 25-26 Februari 2017 HMP IPA Universitas Negeri Malang mengadakan acara UPGRADING yang diketuai oleh Antiningrum Perwaningsih yang merupakan wakil ketua umum HMP IPA 2017. Dengan jumlah peserta 26 orang.

Apa sih upgrading itu? Upgrading adalah acara HMP IPA untuk anggota baru yang acaranya berisikan materi-materi untuk pembekalan anggota baru dalam kegiatan organisasi. Upgrading tahun ini mengambil tema “Optimalisasi Kepengurusan yang Loyal, Berkarakter, dan Berkualitas dalam Berorganisasi”. Dilihat dari tema tersebut HMP IPA ingin kepengurusan tahun 2017 lebih baik lagi dalam menjalankan tugas dan bertanggung jawab atas tugas tersebut.

Acara pada hari Sabtu dimulai pada pukul 07.00 WIB. Semua peserta mengikuti acara Upgrading tersebut. Acara pertama diisi oleh mbak Zahrotun Nafi’ah yang merupakan sekretaris umum periode 2015/2016, dengan materi Administrasi persuratan dan keuangan. Pada materi ini semua peserta mempelajari persuratan tentang nomor surat, kop surat dan lain-lain. Materi yang kedua dibawakan oleh mas Ervan Dwi yang merupakan mahasiswa angkatan 2012 dengan membawakan materi yang sangat menghibur yaitu Cara menjadi MC dan moderator. Para peserta diberi kesempatan untuk mencoba cara-cara yang benar untuk menjadi MC dan juga moderator. Materi ketigatidak kalah menarik yaitu Motivasi Organisasi yang dibawakan oleh mas Aan Karuniawan yang merupakan motivator yang luar biasa. Setelah materi ketiga berakhir para peserta diberi waktu untuk ishoma dan dilanjutkan kembali pada pukul 13.00 WIB dengan materi keempat. Materi terakhir pada hari Sabtu ditutup oleh mbak Ngulmi Khaidah yang merupakan wakil ketua umum periode 2015/2016 dengan membawakan materi Teknik persidangan. Pada materi tersebut para peserta diberi kesempatan untuk menjadi Presidium 1,2,3 untuk contoh bagaimana sidang berjalan.

Serah terima sertifikat oleh wakil ketua umum kepada mas Ervan selaku pemateri MC

Serah terima sertifikat oleh wakil ketua umum kepada mas Ervan selaku pemateri MC

 

Hari Minggu tanggal 26 Februari 2017 merupakan hari kedua. Dimulai pukul 07.00 WIB dan materi diisi oleh mas Miftakhul Huda yang merupakan Ketua Umum HMP IPA periode pertama. Mas Huda menyampaikan materi tentang Manajemen konflik. Materi tersebut mengajarkan para peserta mengenai cara mengatasi masalah yang ada dalam organisasi. Banyak peserta yang bertanya tentang materi tersebut. Dilanjutkan oleh ibu Metri Dian Insani yang merupakan salah satu dosen Prodi Pendidikan Ipa dan merupakan Pembina HMP IPA. Ibu Metri Menyampaikan materi Stadium General yang dianalogikan dengan lebah. Materi sangat luar biasa dan disambut antusias juga oleh peserta. Dilanjutkan oleh mbak Nur Fuaidah yang biasa dipanggil Mbak Fu. Mbak Fu merupakan Ketua Umum HMP IPA periode kedua. Mbak Fu menyampaikan materi tentang Manajemen Organisasi yaitu cara menjalankan organisasi agar organisasi itu baik dan dapat mengatasi masalah yang ada. Setelah semua materi diterima para peserta diberi kesempatan untuk ishoma dan dilanjutkan dengan outbone.

Serah terima sertifikat oleh ketua umum kepada mas Miftachul Huda selaku pemateri manajemen konflik

Serah terima sertifikat oleh ketua umum kepada mas Miftakhul Huda selaku pemateri manajemen konflik

Keseruan saat materi Manajemen Organisasi oleh mbak Nur Fuaidah

Keseruan saat materi Manajemen Organisasi oleh mbak Nur Fuaidah

Outbone hari minggu dibagi menjadi 4 kelompok menurut bidang-bidang yang ada di HMP IPA yaitu Penalaran, Pengapdian Masyarakat, Kesejahteraan, Bakat Minat. 4 kelompok tersebut diberi clue untuk mencari dimana pos pertama mereka. Game-game pada outbone kali ini yaitu BULUBIS, Estafet Tepung, Tali Ruwet, Estafet Gambar. Para anggota baru sangat antusias dalam mengikuti game-game tersebut. Adanya outbone tersebut untuk melatih kekompakan dan kerjasama tim. Setelah game-game tersebut selesai dilanjutkan dengan pembacaan sumpah yang dipimpin oleh Agung Gempur yang merupakan ketua umum HMP IPA tahun 2017. Dan acara terakhir adalah pembacaan pemenang. Pemenang dari outbone yang dilaksanakan adalah bidang Penalaran dan peserta teraktif adalah Moneyta.

Keseruan panitia dan anggota baru HMP setelah kegiatan outbond

Keseruan panitia dan anggota baru HMP setelah kegiatan outbond

Seru kan acara Upgrading HMP 2017. Kalau mau ikut bisa ditahun 2018 ya tapi harus jadi anggota HMP dulu. (VW)

One comment

  1. lanjutkan!