Friday , 22 September 2017

IPA Mengajar 1 2017

Kegiatan IPA Mengajar 1 dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2017. Kegiatan dilaksanakan di MTs Al-Ittihad Poncokusumo. Tim pengajar IPA Mengajar 1 adalah anggota dari HMP IPA. Pada hari pelaksanaan kegiatan semua anggota pengajar dan panitia yang berangkat ke sana berjumlah 20 orang. Semua pengajar dan panitia berkumpul pukul 5.45 di depan gedung GKB Universitas Negeri Malang. Sebelum berangkat semua tim pengajar dan panitia berdo’a dan berangat bersama menuju MTs. Al-Ittihad Poncokusumo.

Tim pengajar dan panitia sampai di sana pukul 6.45. Kegiatan di sana belum dimulai. Para siswa dipimpin oleh seorang guru melalui pengeras suara membaca do’a bersama-sama. Sambil menunggu selesainya pembacaan do’a, tim pengajar menemui guru IPA di MTs Al-Ittihad Poncokusumo yang menjadi pendamping mereka untuk melaksanakan kegiatan mengajar di kelas. Setelah pembacaan do’a selesai, tim pengajar bersama guru pendamping memasuki kelas pada jam pelajaran masing-masing. Tim panitia dan tim pengajar lain menunggu di perpustakaan sekolah.

Suasana ketika para pengajar menunggu jam mengajar di perpustakaan

Suasana ketika para pengajar menunggu jam mengajar di perpustakaan

 

Perbincangan santai tim pengajar dengan kepala sekolah MTs Al-Ittihad

Perbincangan santai tim pengajar dengan kepala sekolah MTs Al-Ittihad

Tim pengajar memasuki kelas bersama guru pendamping mereka. Waktu pelajaran sepenuhnya diserahkan kepada tim pengajar. Guru pendamping hanya mengawasi tim pengajar dan memberikan evaluasi pengajaran setelah kegiatan selesai. Tim pengajar banyak yang menggunakan media pembelajaran untuk siswa. Diantaranya membawa tali dan batu untuk digunakan sebagai media pembelajaran materi getaran, tali dan pulpen untuk digunakan sebagai media pembelajaran materi gelombang, lembar kerja berisi gambar bumi yang belum diketahui bagian-bagiannya sebagai media pembelajaran materi lapisan bumi. Para siswa sangat antusias saat kegiatan mengajar berlangsung. Mereka sangat bersemangat dalam belajar. Tim pengajar juga memberikan beberapa hadiah seperti pulpen, penggaris, penghapus kepada siswa yang berani maju mengerjakan soal di papan, berani bertanya dan menjawab. Namun beberapa kelas terlihat ramai saat kegiatan berlangsung, tim pengajar yang bertugas di kelas tersebut berusaha menarik perhatian siswa sehingga suasana kelas menjadi tenang kembali.

Suasana pembelajaran di kelas

Suasana pembelajaran di kelas

 

Evaluasi bersama salah satu guru pendamping

Evaluasi bersama salah satu guru pendamping

Kegiatan IPA Mengajar selesai pukul 12.30. Tim pengajar dan guru pendamping melakukan evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan. Banyak pelajaran yang diperoleh tim pengajar, diantaranya cara mengajar yang baik, cara mengkondusivkan kelas yang ramai, dan kesabaran saat mengajar di kelas. Hal-hal tersebut sangat bermanfaat bagi tim pengajar sebagai pengalaman calon seorang guru. Setelah evaluasi selesai, tim pengajar bersama panitia membersihkan tempat kemudian berpamitan kepada bapak ibu guru Mts Al-Ittihad dan kembali pulang ke rumah masing-masing. Diperjalanan, tim pengajar dan panitia melakukan sholat dhuhur berjama’ah di masjid dan makan siang bersama. Setelah itu tim pengajar dan panitia kembali pulang ke rumah masing-masing. (VW)