Wednesday , 22 November 2017

PKM Clinic 2017

Hallo teman-teman! Kembali bersama kita HMP IPA, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam,Universitas Negeri Malang yang telah mengadakan acara PKM Clinic. Sebelumnya pada tau ngga PKM Clinic itu apa sihhh? PKM Clinic adalah sebuah diskusi yang dihadiri oleh para mahasiswa guna mendapat bekal dan bimbingan dalam Karya Tulis.Acara ini telah dihadiri oleh antusiasme para mahasiswa dengan tertib. PKM Clinic dilaksanakan pada Sabtu, 8 April 2017 pukul 10.30 – 13.00.Kegiatan PKM ini telah di hadiri oleh pemateri yang kece banget. Hayoo siapa saja pemateri pada acara PKM Clinic ini?? Pasti yang hadir pada acara ini tau.Mereka adalah Yayang Prananda dan Firda Awalia Putri, Lulusan S1 Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang.Yayang Prananda adalah Kepala LBB UNIQ (Universal Quotient). Sebelum beliau lulus, beliau telah mengajar dibeberapa tempat sebelum akhirnya dipanggil oleh PIMNAS. Sementara pemateri selanjutnya adalah Maulidia Nur Maslikha & Firda Awalia Putri yang sedang berbisnis dalam pembuatan kerajinan paper kuiling. Keren bangetkan para pemateri kita ini..Sebelum lulus sudah punya pekerjaan sendiri dan juga keahlian dalam Karya Tulis. Penasaran nggak gimana acara ini berlangsung?? Yukk baca artikel ini.

Para pemateri dalam kegiatan PKM Clinic

Para pemateri dalam kegiatan PKM Clinic

Kegiatan diskusi PKM Clinic yang dilaksanakan pada Sabtu, 8 April 2017 yang dihadiri sekitar 50 mahasiswa dan para dosen Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang.

Kegiatan diskusi yang dilakukan adalah guna membekali para Mahasiswa dalam menulis karya ilmiah yang diadakan oleh Dikti serta menambah wawasan mengenai arti dari PKM tersebut. Hayoo siapa yang mau PKM kalian lolos dikti?? Pasti semua mau. Kita sebagai mahasiswa yang semangat dalam mengikuti Karya Ilmiah tentunya butuh bimbingan dan pengetahuan lebih dalam mengembangkan pemikiran dalam Karya Tulis tersebut. Kegiatan PKM Clinic dilaksanakan di Ruang Lab Pembelajaran 03 Lantai 1 FMIPA UM dengan tema“Merealisasikan Kreatifitas Melalui Gagasan Cerdas”.

IMG_1599

Kegiatan PKM Clinic di Lab Pembelajaran

Ibu Metri Dian InsaniS.Pd, M.Si selaku Pembina Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang membuka kegiatan ini dengan sambutan yang luar biasa hangatnya serta antusias para Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini. Beliau dengan senang menyatakan bangga dengan partisipasi para Mahasiswa dalam mengikuti kegiatan ini guna menambah wawasan dalam menulis Karya Ilmiah.

Ka Yayang selaku pemateri utama membahas mengenai PKM yang baik hingga masuk pada tahap PIMNAS. Apasih jenis-jenis PKM itu? Ada 5 bidang PKM yang dibahas dalam kegiatan kali ini, yaitu; PKM-M. PKM-K, PKM-P, PKM-T, dan PKM-KC. Dalam membuat PKM diperlukan ide-ide yang kreatif dan inovatif. Ka Yayang menjelaskan dengan rinci mengenai jenis-jenis PKM tersebut. Seperti PKM-K yang berisi pengembangan mahasiswa dalam berwirausaha dan mengembangkan usaha yang dihasilkan hingga memasuki pemasaran. Cara kita untuk “Sukses PIMNAS” adalah dengan mempresentasikan PKM tersebut dengan menarik, menonjolkan kelebihan penelitian, meningkatkan pemahaman gagasan serta tidak lupa dengan berkontribusi anggota TIM.

IMG_1615

Ka Yayang sebagai pemateri utama

Dalam sesi Tanya jawab, Ka Firda dan Ka Maulidia dengan cepat membalas pertanyaan tersebut dengan penjelasan yang sangat menarik.Para mahasiswa dengan antusias bertanya mengenai banyak hal mengenai PKM. Diskusi yang dilakukan dengan membentuk kelompok lingkaran dan dibimbing oleh Ka Firda dan Ka Maulidia sangat menyenangkan. Para mahasiswa saling bertukar pikiran dan berdiskusi mengenai  kelebihan dan kekurangan pada masing-masing PKM.

Sekian cerita mengenai kegiatan PKM Clinic kali ini, gimana seru kan teman-teman?? Semoga semakin banyak antusias mahasiswa dalam membuat PKM serta lolos dalam PIMNAS. aminn. Sampai jumpa pada kegiatan kami selanjutnyayaJ

See you next time:)

(VW)