Friday , 22 September 2017

Kajian Keislaman 2017

Assalamualaikum sahabat Omega, gimana niih? Masih istiqomah nyari ilmunya? Masih semangat kan? Kadang nih ya, saat nyari ilmu ada sebersit perasaan jenuh kan? Nah, itu tandanya daya semangat kalian mulai habis nih. Lah terus gimana? Kalo gak semangat nyari ilmunya kan bisa berantakan kuliahnya? Tenaaaang, Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA coba bantu kasih solusi nih. HMP IPA, pas hari jumat kemarin, tanggal 21 April 2017 buat acara seru niih, yaitu kajian keislaman 2017 dengan tema Menyambut Syahrun Najjah Menuju Darul Muqommah yang artinyaa menyambut bulan Ramadhan menuju rumah yang kekal. Rumah kekal yang dimaksud ini surga loh yaaa, bukan neraka. Keren kan tema kajian keislaman ini. Pematerinya juga gak kalah kece loh, ada kak Fadlulloh dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang jadi pematerinya. Gimana sih keseruan kajian keislaman yang pertama ini? Baca terus yaa…

M Fadlulloh selaku pemateri

Kak Fadlulloh selaku pemateri

Kajian ini dilaksanakan di ruang 102 gedung O3, di ruang ber-AC yang dinginnya sepoi-sepoi. Acara ini di set enjoy banget biar semangat nyari ilmu yang mau diperbarui bisa diperbarui dengan sukses. Acara ini dimulai jam 14.00 , diawali peserta ngisi presensi dulu, habis gitu peserta masuk nih ke dalam ruangan. Pas masuk nih peserta disambut sama vidio hadroh yang pastinya nambah kesan nyaman buat denger kajian, ditambah sama ruangan yang sejuk sepoi-sepoi. Acara selanjutnya udah pasti ada sambutan dari ketua Lab Prodi Pendidikan IPA nih, Pak Sugiyanto. Pak Sugiyanto memberi apresiasi buat panitia karena suasana kajian yang diberikan nyaman. Udah kebukti kan kalo tercipta atmosfer yang keren?

Bapak Sugiyanto selaku kepala Lab Prodi Pendidikan IPA saat memberikan sambutan

Bapak Sugiyanto selaku Ketua Lab Prodi Pendidikan IPA saat memberikan sambutan

Acara selanjutnya langsung masuk ke acara inti.yaitu penyampaian materi oleh kak Fadlulloh. Sekitar 50 peserta yang hadir keliatan antusias banget niih sama materi yang disampaiakan. Sesuai tema, materi yang disampein ya gak jauh-jauh dari amalan yang dilakuin pas bulan Ramadhan. Kayak puasa, baca qur’an yang pahalanya dilipiat gandakan jadi 10 kali per huruf yang dibaca, dzikir, yang yang pasti bahas tentang sholat tarawih nih. Mungkin banyak dari sahabat Omega yang masih bingung nih, sebenernya ada berapa rakaat sih sebenernya sholat tarawih itu? 8 atau 20 rakaat? Jangan galau jangan gundah lagi ya, kata kak Fadlulloh nih, semuanya bener. Sholat tarawih itu ada yang 8 ada yang 20 rakaat. Pasti sahabat Omega nanya kan kenapa kok bisa gitu? Ya karena Rasulullah saat melaksanakan sholat tarawih itu, kadang 8 rakaat dan kadang 20 rakaat. Gak konstan 8 atau 20 rakaat aja. Pasti sahabat Omega mulai bingung nih, enaknya sholat yang 8 rakaat apa yang 20 rakaat? Tenang, kak Fadlulloh juga ngasih solusinya kok. Kata Kak Fadlulloh pilih aja yang menurut kalian benar, itu dilakuin secara istiqomah, InshaAllah bisa dapet berkah.

antusiasme peserta saat

Antusiasme peserta saat materi berlangsung

Gak Cuma bahas ibadah-ibadah nya aja loh. Kak Fadlulloh juga nyinggung tentang matematika Al-Quran. Sahabat Omega tahu kan kalo ada 114 surat dalam Al-Quran. Dan kak Fadlulloh nanya, ada berapa jumlah bacaan basmallah. Jawab temen-temen peserta ada 113 karena kan ada 1 surah yang gak ada basmallah nya, yaitu surah Taubah. Tapi sahabat Omega tau gak? Ternyata bacaan Basmallah di Al-Quran itu ada 114 jumlahnya, sama kayak jumlah surahnya. Lah terus dimana letak bacaan basmallah yang satunya? Ternyata nih sahabat, ada bacaan basmallah di dalam surat An-Nahl.

Ada satu lagi nih yang keren dibahas sama kak Fadlulloh. Ternyata nih sahabat, saat kita sholat, sebenernya kita itu membuat kata-kata Ahmad. Nih ya kalo gak percaya, coba diteliti gerakaan sholat sahabat. Saat kita berdiri, posisi tubuh kita sama kayak huruf alif. Saat kita ruku’ , posisi tubuh kita sama kayak huruf ha’ . Nah pas kita sujud nih sahabat, posisi hidung dan dahi kita yang nempel ke tempat sujud, seolah-olah mebentuk huruf mim, nah posisi kaki kita yang sempurna sujud, seolah-olah mbentuk huruf dal kalo digabungin kan mbentuk kalimat Ahmad. Ahmad kan sama aja seperti nama baginda nabi kita, nabi besar Muhammad SAW. Sahabat pernah sadar hal ini gak? MashaAllah banget kan

Lanjut nih sahabat, gak afdol kan kalo udah selesai diskusi gak ada sesi tanya jawab? Kayak ada bagian yang hilang kan? Sesi tanya jawab ada dua macem nih sahabat ,yang pertama peserta yang nanya ke kak Fadlulloh, yang kedua nih Kak Fadlulloh yang nanya ke peeserta. Kak Fadlulloh anggep kalo sesi tanya jawab ini sesi diskusi, jadi semua peserta juga bisa bantu jawab. Pas peserta nanya ke kak Fadlulloh, langsung dijawab dengan segala kerendahan hati nih sama Kak Fadlulloh. Pertanyaanya ya pastinya menyangkut tentang ibadah-ibadah di bulan Ramadhan. Pas pertanyaan udah clear dibahas sama kak Fadlulloh gantian gilirannya kak Fadlulloh yang ngasih pertanyaan ke peserta. Pertanyaannya tentang hukumnya berhubungan suami istri pada saat puasa. Pertanyaan ini dijawab dengan baik nih sama ketupel kajian kita, Aulia. Jawabannya adalah pasangan suami istri tersebut boleh saja berhubungan, tapi harus membatalkan dulu puasanya dan mengganti puasa di hari lain selama 2 bulan berturut-turut dan membayar karafat. Dan jeng-jeng, ternyata ketupel kita, Aulia dapet hadiah nih dari Kak Fadlulloh. Karna Kak Fadlulloh udah ngasih hadiah, gantian dari temen-temen panitia kajian yang ngasih kenang-kenangan ke Kak Fadlulloh, yaitu pemberian sertifikat. Acara kajian ini ditutup sama doa yang dipimpin sama kak Fdlulloh. Semoga ilmu yang diperoleh bisa membawa berkah yaa sahabat Omega.

Penyerahan hadiah dari pemateri

Penyerahan hadiah dari pemateri

 

Pemberian sertifikat kepada pemateri oleh ketua umum HMP IPA

Penyerahan sertifikat kepada pemateri oleh ketua umum HMP IPA

Gimana? Seru kan diskusi di kajian keislaman 2017 ini? Nambah ilmu kan pastinya? Nambah energi buat kuliah lagi kan pastinya? Nambah semangat buat ibadah juga dong pastinya? Gitu dong, mahasiswa harus semangat. Ada yang nyesel gak ikut kajian ya? Tenaaang, kajian ini gak Cuma sekali aja kok. Bakalan ada kajian keislaman  yang kedua, yang hari dan tanggalnya masih dirahasiakan. So, tetep stay tune dantunggu kabar dari kita yaaa. Dan yang paling penting tetep semangat dan istiqomah nyari ilmunya yaa sahabat Omega…

Kajian Keislaman 2017…

Yuk Ngaji Yuk, InshaAllah Berkah

Wassalamualaikum Wr.Wb

(VW)

 

One comment

  1. Lanjutkan terus !! mantap (y)