Friday , 22 September 2017

Formipa VII

Semarang 20-21 Mei 2017.

Formipa tahun ini dilaksanakan di Universitas Semarang (UNNES), UNNES juga merupakan salah satu founder dari Formipa Indonesia bersama 2 Universitas lain yaitu Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Negeri Surabaya. Sebelumnya, sahabat Omega sudah tahu belum apa itu Formipa? Formipa singkatan dari Forum Mahasiswa IPA Indonesia, jadi diforum ini delegasi mahasiswa IPA dari Universitas Se-Indonesia berkumpul. Oke cukup ya muqaddimah tentang Formipa. Selanjutnya akan kami uraikan kita ngapain aja sih di Semarang.

Sabtu 20 Mei 2017 acara MUNAS VII FORMIPA dibuka oleh sekjur IPA UNNES di gedung dekanat FMIPA Universitas Semarang. Setelah melalui serangkaian pembukaan dan sambutan-sambutan, berlanjut ke acara selanjutnya yakni talk show. Sesi ini cukup menarik karena menghadirkan 2 narasumber yang sangat luar biasa yaitu kak Mahmud dan kak Aulia. Beliau adalah founder dari FORMIPA mahasiswa lulusan UNNES. Kak Aulia menceritakan seluk beluk dan sejarah dari FORMIPA, sedangkan kak Mahmud lebih ke arah motivasi dan inspirasi menjadi seorang organisatoris dan pejuang aktivis.

Suasana talk show Formipa VII

Suasana talk show Formipa VII

Acara selanjutnya yakni sharing ringan tiap Universitas mengenai Himpunan dan Program Kerjanya masing-masing. Setelah sesi sharing dilanjutkan dengan serangkaian sidang pleno. Sidang pleno I membahas dan menetapkan tata tertib sidang, sidang pleno II dan III mengenai penetapan dan pemutusan AD/ART, GBHK, dan Program Kerja. Sidang pleno II dan III dilaksanakan di Wisma Semarang hingga jam 23.00 WIB. Satu catatan disidang pleno II dan III adalah penetapan nama MUNAS FORMIPA menjadi PLENAS FORMIPA karena MUNAS (Musyawarah Nasional) selayaknya dilaksanakan 2 tahun sekali, dan Formipa tahun ini masih memasuki tahun ke-satu dari 2 tahun, jadi masih berada pada tengah periode kepengurusan. Jadi FORMIPA 2017 hanya mengevaluasi program kerja tengah kepengurusan bukan penggantian pengurus dan ketua umum. Alhasil nama MUNAS diganti menjadi PLENAS (Pleno Nasional) yang didalamnya hanya membahas evaluasi program kerja yang sudah terlaksana dan akan dilaksanakan, tidak menetapkan dan memutuskan AD/ART, GBHK, dan Pergantian Pengurus. Intinya MUNAS dilaksanakan 2 tahun sekali sedangkan PLENAS adalah tahun pertama dari MUNAS.

Sesi siding pleno II di Wisma Semarang.

Sesi sidang pleno II di Wisma Semarang.

 

serah terima sertifikat FORMIPA kepada  ketua umum IPA Indonesia peserta FORMIPA 2017

Serah terima sertifikat FORMIPA kepada ketua umum IPA Indonesia yang menjadi peserta FORMIPA 2017

 

Hari kedua Minggu 21 Mei 2017 adalah senam bersama dilanjutkan penutupan. Penutupan dilakukan oleh wakil ketua umum Formipa yakni Shibyandari UST. Sebelum dilakukan penutupan terlebih dulu dilaksanakan pemilihan tuan rumah Formipa periode berikutnya, dan yang terpilih menjadi tuan rumah Formipa 2018 adalah UNTIRTA Banten. Selamat!

 

Serah terima vandal oleh tuan rumah kepada peserta Formipavv

Serah terima vandel oleh tuan rumah kepada peserta Formipa

 

Foto di atas adalah sesi serah terima vandel oleh tuan rumah kepada peserta Formipa, Fraksi UM diwakili oleh wakil ketua umum HMP IPA OMEGA Antiningrum Purwaningsih (kanan) sedangkan tuan rumah oleh Shibyan wakil ketua umum Formipa.

Setelah penutupan dilanjutkan jalan-jalan di kota Semarang, objek yang kami kujungi adalah situs peninggalan sejarah jaman Belanda dan Jepang yaitu Lawang Sewu.

Kunjungan ke Lawang Sewu

Kunjungan ke Lawang Sewu

 

Sekian FORMIPA 2017, see you soon FORMIPA 2018 UNTIRTA. Semoga FORMIPA ke depan makin jaya!

FORMIPA!!!

SATU HATI DARI IPA UNTUK INDONESIA!!!

(VW)