Kajian Keislaman 2018 (Ajang Perbaikan Diri Menjadi Lebih Baik)

Program Kerja Kajian yang sudah disusun oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA “OMEGA” terdapat dua macam yaitu Kajian Keislaman dan Kajian Saintis. Pada hari Jum’at, 13 April 2018 telah dilaksanakan Kajian Keislaman oleh HMP IPA “OMEGA” yang bertempat di ruang 102 O3 GKB FMIPA, Universitas Negeri Malang. Kajian Keislaman 2018 bertemakan “Meningkatkan Keimanan dan Keislaman Untuk Bekal Masa Depan”. Tak hanya sekedar tema ataupun kata-kata, namun tema yang diusung memiliki rasionalisasi dan makna yang penting. Di masa sekarang, keimanan dan keislaman mulai dikesampingkan bagi seluruh tingkatan apalagi mahasiswa rantau yang jauh dari orangtua. Selain itu, ilmu setinggi langit serta pengalaman segudang pun tak cukup menjadi bekal masa depan generasi penerus bangsa, tetapi harus diimbangi dengan iman yang kuat serta agama islam yang semakin tangguh. Diperkuat oleh rasionalisasi yang meyakinkan, panitia pelaksana mengusung tema tersebut dengan harapan Keimanan dan Keislaman mahasiswa Prodi Pendidikan IPA semakin kuat dan tidak mudah goyah.

Pukul 14.30 WIB, pembukaan acara Kajian Keislaman diresmikan langsung oleh Koorprodi Pendidikan IPA yakni Dr. Munzil, S. Pd., M. Si. Rintikan hujan mengiringi berjalannya acara Kajian Keislaman pada sore hari itu. Tidak hanya mengusung tema yang menarik tetapi juga mengusung topik materi yang sekiranya cocok untuk mahasiswa serta bahasan yang sedang menjadi trending saat ini. Pada acara Kajian ini, terdapat tiga topic materi serta motivasi yang diberikan oleh Peemateri yaitu Malthufullah Muasyir.

Mengusung tema tersebut, sehingga juga disampaikan bagaimana cara meningkatkan keimanan dan keislaman. Dekat dengan bulan Ramadhan sehingga materi yang disampaikan oleh Ustad Malthufullah Muasyir juga tentang Ramadhan yaitu hijrah menyambut bulan Ramadhan. Pemateri juga mengatakan bahwasannya hijrah tidak hanya untuk mendekati bulan Ramadhan dan selama bulan Ramadhan, tetapi perlu istiqomah dalam melaksanakannya. Artinya perlu membiasakan kebiasaan baik yang dilakukan tanpa mengurangi porsi ketika bulan mulia tersebut akan usai. Selain itu, materi yang disampaikan adalah menunda pekerjaan sama dengan menunda nikah, tujuan dari topic ini adalah sebagai pengingat bahwa pekerjaan harus dikerjaan secepat mungkin jikalau mampu agar tidak menjadi beban di kelak hari serta tidak menunda kewajiban yang harus dilaksanakan di kemudian hari. Selain menyampaikan ketiga materi, Ustad  Malthufullah Muasyir juga memberkan motivasi bagi mahasiswa Prodi Pendidikan IPA.

Telah terlaksananya acara Kajian Keislaman dengan topik materi yang telah disampaikan, diharapakan mahasiswa Prodi Pendidikan IPA dapat terus meningkatkan Keimanan dan Keislamannya serta istiqomah dengan yang dilakukannya. Selalu mengimbangi urusan dunia dengan urusan akhirat dan menjadikan Kajian  Keislaman sebagai ajang intropeksi diri dan menjadikan diri lebih baik dari sebelumnya.