PKM Clinic 1 2018

PKM Clinic 1 merupakan salah satu program kerja HMP IPA “OMEGA” yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 April 2018. Acara dengan tema “Menciptakan Generasi Saintis yang Berjiwa Kompetitif dan Berpikir Kritis” ini berlangsung di gedung O3 ruang 306 FMIPA Universitas Negeri Malang yang bertujuan untuk membantu mahasiswa Prodi Pendidikan IPA dalam menulis PKM yang baik dan benar.

PKM Clinic 1 dihadiri oleh 50 peserta, Bapak Sugiyanto selaku kepala laboratorium Prodi Pendidikan IPA, dan tiga pemateri yaitu Drs. Purbo Suwasono M.Si, Nur Fitriana S.Si (lolos PIMNAS 2016, 2017 dan artikel sudah dimuat dalam jurnal internasional), dan Kunti Dhiwaniati Sudda (peraih medali perak kategori poster PIMNAS 30 UMI Makassar 2017).

Acara ini dibuka oleh Bapak Sugiyanto dan dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Bapak Purbo tentang macam-macam PKM yaitu PKM-GT, PKM-AI dan PKM 5 bidang (PKM-KC, PKM-K, PK-M, PKM-T dan PKM-P). PKM-KC adalah program kegiatan mahasiswa yang menciptakan penciptaan yang didasari karsa dan nalar mahasiswa. Program ini bersifat konstruktif dan harus mampu menghasilkan suatu sitem, desain, model/barang atau prototype dan sejenisnya. PKM-K adalah program kreativitas mahasiswa yang menghasilkan produk komersial. PKM-M adalah program kreativitas mahasiswa yang fokus untuk membantu masyarakat. PKM-T adalah program kreativitas mahasiswa yang menghasilkan teknologi. Teknologi yang diciptakan ini berguna bagi suatu mitra atau institusi tertentu. PKM-P adalah program kreativitas mahasiswa berupa penelitian. Penelitian bisa berlatar belakang sains atau sosial. PKM-GT adalah program kegiatan mahasiswa yang membantu permasalahan bangsa berupa gagasan tertulis. PKM AI adalah artikel ilmiah yang bersumber dari kegiatan mahasiswa dalam pendidikan, penelitian, atau pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukannya sendiri.

Selanjutnya adalah pemateri oleh Mbak Kunti dari Fakultas Teknik, jurusan Teknik Mesin dan Mbak Fitriana dari jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang yang memberikan pengalamannya saat PIMNAS dan memberikan materi mengenai tips dan trik lolos PIMNAS. Terdapat sesi pertanyaan yang dimoderatori oleh Kiki Kharismaliyansari dan dijawab langsung oleh para pemateri.


Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dimana peserta ditempatkan sesuai dengan PKM yang telah dibuat. PKM-GT, AI dan K oleh Pak Purbo, PKM- P dan KC oleh Mbak Fitriana, dan PKM-M dan T oleh Mbak Kunti. Para peserta aktif bertanya mengenai hal-hal apa saja yang akan dicantumkan dalam proposal dan lain sebagainya. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa Prodi Pendidikan IPA paham tentang PKM sehingga dapat membuat PKM dengan baik dan benar dan dapat lolos PIMNAS. Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama baik panitia peserta dan pemateri.