PKM Clinic 2 2018

PKM Clinic 2 merupakan salah satu program kerja HMP IPA “OMEGA” yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 05 Mei 2018. PKM Clinic 2 ini merupakan acara lanjutan dari PKM Clinic 1 yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 April 2018. Acara ini memiliki tema “Menciptakan Generasi Saintis yang Berjiwa Kompetitif dan Berpikir Kritis” dan dilaksanakan di gedung O3 ruang 306 FMIPA Universitas Negeri Malang dengan tujuan untuk membantu mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA dalam menulis PKM dengan baik dan benar. Dalam acara PKM Clinic 2 membahas tentang sistematika PKM dan perevisian PKM yang akan dibimbing langsung oleh alumni yang lolos PIMNAS dan para dosen.

PKM Clinic 2 dihadiri oleh 22 peserta non HMP IPA, 21 peserta dari delegasi offering, dan juga anggota HMP IPA . Acara ini dibuka oleh Bapak Dr. Munzil, S.Pd., M.Si selaku Koorprodi IPA. Ibu Novida Pratiwi, S.Si., M.Sc selaku Pembina HMP IPA “OMEGA” turut serta hadir dalam acara PKM Clinic tersebut. Pada acara PKM Clinic 2 ini dihadiri oleh pemateri yang hebat yaitu ibu Evi Susanti, S.Si., M.Si (Tim Penalaran UM), Dr. Retno Wulandari, S.T., M.T (Tim Penalaran UM), Nur Fitriana, S.Si (Lolos PIMNAS 2016 dan 2017, artikel sudah dimuat dalam jurnal internasional), dan Ni’matus Sholihah (Lolos PIMNAS 2017).

Setelah acara dibuka oleh Koorprodi IPA, Bapak Dr. Munzil, S.Pd, dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh ibu Evi Susanti, S.Si., M.Si dengan materi tentang pengenalan PKM  yaitu PKM-GT, PKM-AI, dan PKM 5 bidang (PKM-KC, PKM-K, PKM-M, PKM-T, dan PKM-P), pemilihan kata untuk membuat jargon atau nama khas dalam judul PKM yang akan dibuat,  serta sistem penilaian PKM. Acara inti dari PKM Clinic 2 yaitu pada saat perevisian PKM hasil buatan peserta dengan kelompoknya. Jadi pada PKM Clinic 2 ini peserta diwajibkan membawa softfile atau hardfile PKM mereka untuk direvisi bersama dengan pemateri sesuai dengan PKM yang telah dibuat. Perevisian pertama dimulai dari pembuatan cover PKM, proposal kegiatan, dan latar belakang yang dibuat oleh peserta. Pada saat perevisian para peserta berkesempatan luas untuk menanyakan tentang PKM yang mereka buat sudah benar atau perlu ada perbaikan lagi nantinya. Dan tak lupa pemateri juga memberi semangat kepada peserta PKM Clinic 2 untuk dapat merealisasikan hasil PKMnya dan agar PKM yang dibuat oleh mahasiswa Prodi IPA dapat lolos PIMNAS. Setelah serangkaian acara telah dilakukan, kegiatan ini ditutup dengan foto bersama dengan pemateri, panitia, dan peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*