TIPS MENGHADAPI COVID-19

Gambar ilustrasi virus corona

Sumber :(kompas.com)

COVID-19 atau Corona Virus Disease 2019 merupakan virus yang sedang trending di berbagai belahan dunia. Virus yang pertama kali merebak di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Cina, pada awal Desember 2019 itu telah menyebar ke 151 negara. Laporan Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) pada Senin 16 Maret 2020, menyebutkan total yang terinfeksi adalah 167.511 orang dan 6.606 pasien dari jumlah itu meninggal (dikutip dari katadata.co.id).

Di Indonesia sendiri angka positif COVID-19 pada Senin (16/3) adalah 134 kasus. Angka positif COVID-19 yang diumumkan pada Selasa (17/3) menjadi 172 kasus. Sehingga dapat diketahui bahwa ada lonjakan 38 kasus positif COVID-19 dalam sehari (dikutip dari detik.com).

Perlu diketahui bahwa penyebaran virus ini adalah melalui orang yang sudah positif dan dapat menyebar kepada orang yang sehat melalui percikan air liur dari batuk dan juga bersin secara langsung, serta dapat melalui benda-benda yang sudah terkena percikan batuk dan bersin itu juga. Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjaga jarak ya ketika di sekitar kita ada orang batuk dan juga bersin.

Lantas bagaimana kita harus bersikap dalam menghadapi wabah virus ini? Yuk simak cara-cara menghadapi COVID-19 di bawah ini:

 

  • Don’t be panic

Langkah pertama yang harus lakukan adalah jangan panik. Kita harus senantiasa terus mencari informasi-informasi mengenai kasus virus CORONA melalui sumber yang akurat.

 

  • Be patient

Langkah yang kedua yakni kita harus bersabar dalam menghadapi wabah ini. Kita juga harus bersabar dalam mengisolasi diri sementara di rumah untuk menghindari kontak langsung dengan banyak orang.

 

  • Let’s get a healthy life

Langkah ketiga yakni kita harus dapat hidup dengan sehat dan bersih. Caranya adalah dengan selalu mencuci tangan dengan sabun dan memakai hand sanitizer baik sebelum makan maupun sebelum menyentuh area muka, memakai masker yang menutup hidung dan mulut, serta mengganti penggunaan masker yang sudah kotor. Kita juga harus makan makanan yang bergizi, olahraga yang teratur dan juga istirahat yang cukup ya.

 

  • Always pray

Langkah terakhir yaitu kita harus terus menerus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar dapat terhindar dari wabah virus ini.

 

So, tetap semangat dalam menjalani hari dan selalu jaga kesehatan ya sahabat omega 🙂