FORSIDOSMA 2020 “COVID-19 DAN KULIAH ONLINE”

FORSIDOSMA (Forum Diskusi Dosen dan Mahasiswa) adalah program kerja HMP IPA “OMEGA” dimana para mahasiswa dan dosen dikumpulkan dalam suatu forum yang bertujuan menampung aspirasi, pendapat, maupun inovasi, baik dari dosen maupun dari mahasiswa prodi pendidikan IPA untuk mewujudkan prodi pendidikan IPA yang lebih baik.

FORSIDOSMA kali ini mengusung tema “COVID-19 dan Kuliah Online” yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 April 2020 dengan menggunakan media Whatsapp Group untuk mendukung pemerintah menerapkan Physical Distancing terkait pandemi COVID-19. Acara ini diikuti oleh mahasiswa dari angkatan 2016-2019. Dan dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama pada pukul 09.00-11.00 diikuti oleh mahasiswa angkatan 2016-2017, sedangkan sesi kedua pukul 13.00-15.00 diikuti oleh mahasiswa angkatan 2018-2019. Acara ini juga diikuti oleh beberapa dosen dari prodi pendidikan IPA, yang Salah satunya adalah Koordinator Program Studi Pendidikan IPA yaitu Dr. Munzil, S.Pd., M.Si.

Pada sesi pertama, acara FORSIDOSMA dipimpin oleh moderator, Rahadyan Azka. Pada sesi pertama ini, terdapat 2 isu umum dan 3 isu untuk angkatan 2016 terkait COVID-19 dan kuliah online yang telah dipilih melalui voting. Dua isu umum yang dibahas yaitu beban tugas kuliah terlalu berat yang tidak diimbangi dengan penguatan dari dosen pengampu dan fasilitas penunjang pembelajaran online masih kurang.

Pada sesi kedua, acara FORSIDOSMA dipimpin oleh moderator, Rif’atul Himmah. Pada sesi kedua, terdapat 4 isu umum untuk angkatan 2018-2019 yang dipilih melalui voting. Empat isu tersebut yaitu banyaknya pemberian tugas secara online, banyaknya kendala dalam melakukan kuliah via online (jaringan misalnya), beberapa dosen tidak membuat video klarifikasi terkait pembelajaran, dan banyaknya waktu yang dihabiskan di depan laptop atau hp sehingga membuat mata menjadi lelah.

Diskusi FORSIDOSMA berjalan sangat lancar dan aktif antara dosen dan mahasiswa. Bahkan, beberapa mahasiswa menyampaikan aspirasinya terkait kuliah online, bimbingan skripsi, serta permasalahan lain menyangkut perkuliahan secara online di Prodi IPA. Aspirasi-aspirasi mahasiswa tersebut ditampung oleh perwakilan dosen dan akan ditindaklanjuti setelahnya.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat menjalin hubungan komunikasi yang baik antara dosen dan mahasiswa untuk mewujudkan Program Studi Pendidikan IPA yang lebih baik.