SPICE (Spiritual of Science) “MENCARI HIKMAH DAN KEBENARAN SEJATI DALAM SAINS”

SPICE (Spiritual of Science) adalah salah satu program kerja HMP IPA OMEGA yang bertujuan untuk mengkaji ilmu pengetahuan tentang sains yang ditinjau dari segi agama Islam. SPICE (Spiritual of Science) 2020 mengusung tema Mencari Hikmah dan Kebenaran Sejati Dalam Sains”.

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 24 April 2020 yang dilaksanakan melalui via live Instagram di akun HMP IPA yakni @hmpipa_um. Kajian ini diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi Program Studi Pendidikan IPA dari angkatan 2016 hingga angkatan 2019 dan juga diikuti oleh masarakat umum.  Selain itu, acara ini juga dilakukan bersama Bapak Nurul Hidayat M.Sc, Dosen FMIPA UM dari jurusan Fisika sebagai pemateri.

Acara Kajian Keislaman ini dimulai dengan berdo’a bersama yang dilanjutkan dengan pembukaan acara oleh pembawa acara, Rayhan Osla. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyampaian materi dan dilanjutkan dengan berdiskusi bersama dengan Bapak Nurul Hidayat M.Sc.

Pada Kajian Keislaman 2020 Bapak Nurul Hidayat M.Sc. Memberikan banyak hal mengenai makna mencari hikmah dalam sains untuk mahasiswa prodi Pendidikan IPA yang masih menjalani studi maupun setelah lulus nanti. Beliau juga memberikan sebuah kisah tentang seorang anak yang memiliki rasa ingin tahu tentang bentuk hati ibunya meskipun cara dari si anak salah, tetapi ibu tersebut tetap memaafkan anaknya. Hal ini mengingatkan kita akan peran orang tua yang selalu membantu kita untuk mendapatkan ilmu yang Barakah. Dan kutipan yang bisa diambil pada kajian hari ini “Janganlah mempelajari ilmu untuk mendapatkan ilmunya tetapi pelajarilah ilmu agar mendapat hikmah dan berkah dari Allah”. Dengan begitu, maka kita dapat meningkatan IMTAQ terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh mahasiswa kepada pemateri. Mahasiswa terlihat sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan tentang materi yang disampaikan dalam acara ini.

Dengan adanya acara ini, diharapkan mahasiswa-mahasiswi prodi Pendidikan IPA dapat menambah wawasannya dalam mengajarakan ilmu IPA yang dapat dikaitkan dengan agama Islam. Semoga dengan acara ini dapat meningkatkan iman dan ketaqwaan mahasiswa-mahasiswi prodi Pendidikan IPA. Salam OMEGA!