LKPPI 2020 “SAINTIS MUDA BERINTEGRASI GUNA RAIH MIMPI TANPA BATAS”

LKPPI (Latihan Kepemimpinan Program studi Pendidikan IPA) adalah salah satu program kerja  HMP IPA OMEGA dari bidang Pengabdian Masyarakat divisi Pengabdian Mahasiswa yang merupakan kegiatan pelatihan kepemimpinan bagi mahasiswa baru program studi pendidikan IPA dan mahasiswa prodi pendidikan IPA yang tidak lulus pada tahun sebelumnya. LKPPI bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan, kedisiplinan, dan untuk memperkenalkan prodi pendidikan IPA.

LKPPI tahun 2020 ini sangatlah berbeda dengan LKPPI tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan pandemi sehingga kegiatan LKPPI dilaksanakan secara online. Pada tahun ini, LKPPI mengangkat tema Saintis Muda Berintegrasi Guna Raih Mimpi Tanpa Batas”. Rangkaian kegiatan LKPPI dilaksanakan 2 hari, yaitu pada hari Jum’at-Sabtu, 25-26 September 2020 dengan media yang digunakan untuk mendukung jalannya kegiatan LKPPI ini ialah Zoom, YouTube, dan Google Classroom. Pelaksanaan kegiatan juga dilakukan dengan sinkron dan asinkron. Adapun kegiatan LKPPI adalah mencangkup menyimak penjelasan pemateri dan pengumpulan tugas secara individu maupun kelompok untuk memnuhi syarat kelulusan LKPPI 2020.

Pada hari pertama, Jumat, 25 September 2020, acara LKPPI dipimpin oleh pembawa acara, Lydia Rosmaretta Gayatri. Acara hari pertama ini, ada 3 materi yang disampaikan. Materi pertama dilakukan via Zoom yang dimoderatori oleh Faizun Kharisma dengan materi Stadium General yang disampaikan oleh Bapak Dr. Munzil, S.Pd., M.Si., Koordinator Program Studi Pendidikan IPA. Materi kedua melalui via Google Classroom secara asinkron dengan materi Formipa & HMP yang disampaikan oleh Saudari Febriana Nur Fauziah. Materi ketiga via Zoom yang dimoderatori oleh Khomsiyah Naili dengan materi Persidangan yang disampaikan oleh Saudari Fitria Lafifa. Selain itu juga masih ada pemberian tugas secara sinkron dan asinkron.

Pada hari kedua, Sabtu, 26 September 2020, acara LKPPI dipimpin oleh pembawa acara, Rif’atul Himmah. Pada hari ini, ada 2 materi yang disampaikan. Materi 1 secara asinkron via Google Classroom dengan materi Kepemimpinan  yang disampaikan oleh Saudari Natasia Paramita. Materi 2 via Zoom yang dimoderatori oleh Dina Febriani dengan materi Pengenalan PKM dan Tips & Trik yang disampaikan oleh Bapak Sopingi, S.Sos., M.Pd. dan Saudara Yana Fajar Prakasa, S.Pd. serta ada pemberian tugas secara sinkron dan asinkron.

Acara LKPPI berjalan sangat lancar dan terjadi interaksi dengan baik antara peserta, panitia, dan pemateri. Bahkan banyak dari peserta yang secara aktif menyampaikan tanggapan ataupun pertanyaan terkait materi yang disampaikan. Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat melatih jiwa kepemimpinan, kedisiplinan, serta mampu memperkenalkan prodi pendidikan IPA kepada seluruh peserta LKPPI 2020.