WEBINAR PKM CLINIC “BERINOVASI TANPA BATAS BERKARYA TANPA JEDA”

 

PKM CLINIC adalah salah satu program kerja HMP IPA OMEGA dari bidang Penalaran divisi Pendidikan yang mewadahi atau memfasilitasi mahasiswa prodi Pendidikan IPA mengenal, belajar, dan membuat proposal PKM dengan baik dan benar.

PKM CLINIC 2020 ini sangatlah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan pandemi sehingga kegiatan PKM CLINIC dilaksanakan secara online. Salah satu cara untuk melaksanakan kegiatan ini adalah dengan mengadakan webinar dari pemateri yang sudah berpengalaman dalam bidang PKM.

Pada tahun ini, PKM CLINIC mengangkat tema “Salurkan Aspirasi Untuk Menghasilkan Karya yang Berinovasi.” Rangkaian webinar PKM CLINIC dilaksanakan  dua kali yaitu pada tanggal 26 September dan 4 Oktober 2020 dengan menggunakan media Zoom.

Webinar pertama, Sabtu, 26 September 2020, dipimpin oleh pembawa acara, Rif’atul Himmah. Terdapat 2 materi yang disampaikan, yang pertama adalah materi Pengenalan PKM oleh Saudara Yana Fajar Prakasa, S,Pd . Kemudian Tips & Trik Lolos Pendanaan oleh  Bapak Sopingi, S.Sos., M.Pd.  yang dimoderatori oleh Dina Febrianti.

Webinar kedua, Minggu, 4 Oktober 2020, dipimpin oleh pembawa acara, Dina Febrianti. Terdapat 2 materi yang disampaikan, yang pertama adalah Idea Development oleh saudara Robby Wijaya, S.Pd. Kemudian Sosialisasi Strategi Pemenangan PKM oleh Ibu Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd, M.M. yang dimoderatori oleh Ilham Qory dan Nindya Pramesti.

Webinar PKM CLINIC berjalan sangat lancar dan terjalin  interaksi yang baik antara peserta, panitia, dan pemateri. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat melatih dan mengembangkan jiwa kepenulisan dan kekreativan mahasiswa khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA untuk merancang dan menyusun PKM guna melaksanakan tugas mahasiswa sebagai agen perubahan bagi masyarakat.

Meskipun Webinar telah selesai, jangan khawatir masih ada kegiatan pembimbingan PKM  melalui kegiatan asinkron di media Edmodo yang dapat diikuti oleh mahasiswa Prodi Pendidikan IPA. Di sana terdapat 6 Person In Charge (PIC) yang siap membantu dan mendampingi kalian yang ingin menulis PKM dengan baik dan benar, serta terdapat 5 dosen dari Fakultas P.IPA sebagai Pembimbing di PKM CLINIC tersebut.

Kami tunggu kehadiran kalian semua di edmodo ya. Semoga dengan terlaksanakannya kegiatan ini dapat membantu mahasiswa Prodi pendidikan IPA untuk memenangkan proposal PKM hingga ke tingkat PIMNAS.