KOMPETISI IPA SE-JAWA BALI 2020

Kompetisi IPA Se-Jawa Bali 2020 adalah agenda tahunan HMP IPA OMEGA Universitas Negeri Malang dari bidang penalaran dengan tema “Increase the Ability of Higher Order Thingking Skills in Natural Science to Hone Knowledge”. Namun pada tahun ini dilaksanakan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini Kompetisi IPA Se-Jawa Bali 2020 dilaksanakan full online atau dalam jaringan dengan pelaksanaan di 19 rayon, yaitu rayon Malang, Surabaya, Jombang, Tulungagung, Banyuwangi, Lamongan, Ponorogo, Bojonegoro, Kediri, Ngawi, Sidoarjo, Jember, Blitar, Pamekasan, Denpasar, Tangerang, Yogyakarta, Semarang, dan Bandung. Terdiri dari empat babak, yaitu babak penyisihan pada tanggal 27 September 2020, babak goes to semifinal tanggal 3 Oktober 2020, babak final dan penentuan juara pada tanggal 10 Oktober 2020.

Pada babak penyisihan dilaksanakan dengan menggunakan media Quizizz dengan diikuti peserta sebanyak 433 peserta dari semua rayon, babak penyisihan dibagi dalam dua sesi, sesi pertama diikuti oleh 216 peserta dan sesi dua diikuti 217 peserta.

Pada babak Goes to semifinal dilaksanakan dengan menggunakan media website Omega Science Day 2020 dengen diikuti oleh 58 Peserta dengan peringkat 20 nilai tertinggi dari semua rayon dan 2 nilai tertinggi pada tiap rayon. Pada babak ini dilaksanakan dalam satu sesi dan diambil 10 nilai tertinggi untuk mengikuti babak Semifinal. Pada babak semifinal menggunakan media google form, dibabak ini didapatkan 5 peserta dengan nilai tertinggi yang akan beradu untuk merebut juara 1 juara 2, juara 3, harapan 1 dan harapan 2. Pada babak final menggunakan media google form dan tanya jawab menggunakan google meet dengan dua juri yaitu ibu Erti Hamimi, S.Pd., M.Sc dan Bapak Fajar Marsuki, S.Pd., M.Sc

Kompetisi IPA Se-Jawa Bali 2020 ditutup dengan media Zoom sekaligus pengumuman juara. Acara dipandu oleh pembawa acara Rif’ah dan diisi dengan sambutan-sambutan dan dilanjut pengumuman juara, sambutan yang pertama dari ketua pelaksana Luqman Hakiim, ketua umum HMP IPA OMEGA Febriana Nur Fauzia, koordinator Prodi Pendidikan IPA Bapak Munzil, S.Pd., M.Si, dan Wakil Dekan III Bapak Sentot Kusairi, S.Pd., M.Si. Kemudian lanjut ke pengumuman juara. Juara 1 diraih oleh Rifqi Ariiq Rozaan dari SMPN 1 Pamekasan, juara 2 Rasyidah Izzatul Kiswantoro dari SMP IT Al-Anwar Mojosari, Juara 3 Muhammad Iqbal Taufani dari SMPN 2 Blitar, Harapan 1 Armand Setawijaya dan harapan 2 Muhammad Nabil Nafida dari SMPN 2 Jember. Penyerahan hadiah diserahkan secara simbolis dan acara ini berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

See you di Kompetisi IPA Se-Jawa Bali 2021 yaa..