LKTIN SMP/MTS 2020 “KARYA GENERASI MUDA MELALUI PENERAPAN SAINS DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI”

LKTI Nasional SMP/MTs 2020 adalah agenda tahunan HMP IPA OMEGA Universitas Negeri Malang dari bidang penalaran. Tahun ini, LKTI-N SMP/MTs 2020 mengangkat tema “Karya Generasi Muda Melalui Penerapan Sains dalam Menghadapi Era Globalisasi”. Dalam  pelaksanaannya, LKTI-N ini tidak dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya, melainkan dilaksanakan dalam jaringan (full online). LKTI-N SMP/MTs 2020 diikuti oleh 121 Tim yang berasal dari seluruh Indonesia. Agenda ini dilaksanakan dalam 3 tahap, yaitu tahap pengumpulan abstrak pada tanggal 13 Juni – 12 September 2020, pengumpulan fullpaper 15 – 30 September, dan grand final pada 25 Oktober 2020.

Pada tahap pengumpulan abstrak diikuti oleh 121 tim yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Setiap tim dalam babak ini mengumpulkan naskah abstrak pada laman web OSD HMP IPA OMEGA yang kemudian akan diseleksi untuk masuk pada tahap fullpaper. Pengumuman lolos abstrak yaitu pada tanggal 14 September 2020.

kemudian, pada tahap selanjutya yaitu tahap fullpaper. Tahap fullpaper diikuti oleh 121 tim dari seluruh wilayah di Indonesia. Dalam tahap ini, naskah fullpaper diseleksi oleh beberapa juri untuk kemudian diambil 10 tim terbaik yang akan maju pada tahap grand final 25 oktober 2020. Beberapa juri yang terlibat dalam tahap seleksi ini adalah M.Adi Widodo, Fitria Lafifa, Kiki Kharismaliyansari, dan Rahma Shinta P. Adapun 10 tim terbaik yang lolos pada tahap ini adalah TIM KIR MATSANEWA, ROOVE & ANIMALS, TIM UNIQ, AEROLIAN, FAKHRI, MUSE, JANNAH TIM, INDICA, EXCELLENT TIM, dan THE PLANETEERS.

Setelah tahap seleksi fullpaper dilakukan, 10 tim terbaik yang dinyatakan lolos dapat mengikuti tahap grandfinal yang dilakukan secara sinkron melalui platform  zoom. Grand final LKTI-N SMP/MTs 2020 dipandu oleh Rizky Amalia sebagai Master of ceremony, dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama, disampaikan oleh ketua pelaksana LKTI-N SMP/MTs 2020 yaitu saudari Umi Laila Ramadhan, kemudian sambutan kedua oleh ketua umum HMP IPA OMEGA, saudari Febriana Nur Fauziah. Tidak hanya itu, acara grand final ini juga diisi oleh sambutan dari Koordinator Program Studi Pendidikan IPA, yaitu Dr.Munzil M.Si dan dilanjutkan sambutan oleh Wakil Dekan III FMIPA UM, Dr. Sentot Kusairi, M.Pd.

Pada Grand Final ini, 10 tim terbaik melakukan presentasi karya mereka didepan beberapa juri, yaitu Ibu Yessi Afriyenni, S.Pd., M.Sc., ibu Nani Farida S.Si., M.Si., Ph.D., dan Ibu Novida Pratiwi, S.Si., M.Sc. Setelah presentasi dari masing-masing tim, didapatkan 3 tim terbaik dan 1 best video. Juara I diraih oleh TIM KIR MATSANEWA dari MTsN 1 Kota Malang, juara II diraih oleh TIM MUSE dari SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro, juara III diraih oleh TIM JANNAH dari MTsN 2 Sukoharjo, serta best video diraih oleh TIM EXXCELLENT dari SMPN 5 Bojonegoro. Seluruh kesuksesan acara ini, didukung oleh lebih dari 120 media partner dan disponsori oleh Trophy Kertajaya, Mumtaz Course, dan Okini Project.

See you di LKTI-N SMP/MTs 2021 yaa..