BONGKAR MINAT BAKAT SENI DAN ATLETIS (BOMBASTIS) 2020 “ENTHUSIASM OF YOUNG WITH FIERYFIRE TO EXPAND TALENTS, INTEREST, AND CULTURE”

Bongkar Minat Bakat Seni dan Atletis atau yang biasa dikenal dengan sebutan BOMBASTIS merupakan salah satu program kerja HMP IPA “OMEGA” di bidang bakat dan minat. Pada tahun ini serangkaian BOMBASTIS diselenggarakan secara daring (dalam jaringan) dikarenakan pandemi dengan cabang lomba yaitu TikTok, Photo Contest, dan Cipta Baca Puisi yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Angkatan 2018-2020. Kemudian, terdapat satu cabang lomba Mobile Legends yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Acara BOMBASTIS yang diselenggarakan oleh HMP IPA ini memiliki tema  Enthusiasm of Young with Fieryfire to Expand Talents, Interest, and Culture. Pada masing-masing cabang lomba memiliki kriteria masing-masing. Pada cabang lomba tiktok mengusung tema khusus yaitu “Aktivitas di Rumah Selama Pandemi” yang diunggah melalui akun instagram pribadi masing-masing, dengan durasi 30-60 detik, dan setiap delegasi hanya boleh mengirimkan 1 video. Cabang lomba kedua yaitu Photo Contest dengan mengusung tema “Tetap stylish dengan menerapkan protokol kesehatan” dimana setiap peserta mengirimkan foto dengan objek manusia yang diambil di luar ruangan dan diunggah ke masing-masing akun instagram dengan caption yang menjelaskan tentang foto tersebut. Cabang lomba ketiga yaitu cipta baca puisi yang mengusung tema mengenai keadaan pandemi saat ini. Cipta baca puisi ini memiliki ketentuan diantaranya karya yang ditulis dan dibaca oleh peserta kemudian diunggah pada masing-masing akun instagram dengan durasi minimal 2 menit dan maksimal 5 menit. Cabang selanjutnya adalah Mobile Legend yang memiliki ketentuan setiap tim memiliki 5 orang tim inti dan 1 orang cadangan.

Khusus untuk peserta BOMBASTIS 2020 wajib mengumpulkan karyanya pada tanggal 3 November 2020. Sedangkan pada cabang lomba Mobile Legend, babak penyisihan dilaksanakan pada tanggal 1 November 2020 dan babak semifinal & final dilaksanakan pada tanggal 7 November 2020.

Selanjutnya, setelah mengikuti rangkaian kegiatan yang telah disebutkan, maka sampailah pada acara puncak BOMBASTIS yang diselenggarakan via zomm dan diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA pada tanggal 8 November 2020. Acara puncak ini bertujuan untuk mengumumkan pemenang-pemenang kejuaraan pada setiap cabang lomba sekaligus penutupan acara. Acara puncak ini dibuka oleh Bapak Sugiyanto S.Pd., M.Si. dan dimeriahkan oleh Guest Star bernama Kak Tentrem Hatinah yang membawakan lagu-lagu dengan lantunan suara yang indah. Tidak kalah menarik juga penampilan memukau dari Mahasiswa Program Studi IPA yang mempersembahkan tari kreasi, solo vocal, dan pembacaan puisi.

Setelah menayangkan penampilan dari mahasiswa, maka akan diumumkan pemenang-pemenang lomba pada setiap cabang. Yang pertama, pengumuman cabang lomba TikTok, juara pertama diraih oleh Rizky Amalia dari Offering B 2019, juara kedua diraih oleh Ivandra Bagus dari Offering B 2020, dan juara ketiga diraih oleh Fadhilatun Nisa’ dari Offering B 2018. Pada cabang lomba photo contest, juara pertama diraih oleh Ilzha Akbar M dari Offering B 2019, juara kedua diraih oleh Ariena Salsabila dari Offering C 2020, dan juara ketiga diraih oleh Akhmad Khabibullah A dari Offering B 2019. Pada cabang lomba Cipta Baca Puisi, juara pertama diraih oleh Anastasia Oryza S dari Offering A 2019 dan juara kedua diraih oleh Diana Dahniar dari Offering B 2019. Pada cabang lomba terakhir, yaitu Mobile Legend, juara pertama diraih oleh Auto Win, juara kedua diraih oleh SSG, dan juara ketiga diraih oleh Kontrakan Wibu.

Selain juara-juara pada setiap cabang lomba, juga ada juara best supporter dan juara umum. Pada juara best supporter diraih oleh Offering A 2018 dan juara umum BOMBASTIS 2020 diraih oleh Offering B 2019.

Ada cinta luar biasa di BOMBASTIS 2020. Antusias dari peserta sangat tinggi. Keharmonisan Program Studi Pendidikan IPA terlihat memenuhi pada puncak BOMBASTIS 2020 walaupun kompetisi antar offering maupun angkatan sangat sengit. Jayalah Prodiku! Sampai Jumpa di BOMBASTIS 2021! Semoga BOMBASTIS 2021 dapat dilaksanakan kembali secara offline.