GEMAS (GERAKAN PEDULI MASYARAKAT) “MENINGKATKAN RASA SYUKUR DENGAN BERBAGI DI KALA PANDEMI COVID-19”

GEMAS (Gerakan Peduli Masyarakat) merupakan salah satu program kerja HMP IPA OMEGA bidang Pengabdian Masyarakat divisi Pengabdian Masyarakat. Kegiatan ini merupakan kegiatan bakti sosial kepada anak-anak yatim piatu yang membutuhkan. Selain itu kegiatan ini, diharapkan mampu membentuk jiwa mahasiswa Pendidikan IPA dan masyarakat umum yang peka dan peduli terhadap kondisi sosial di sekitar.

GEMAS 2020 yang bertemakan “Meningkatkan Rasa Syukur dengan Berbagi di Kala Pandemi Covid-19” berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, kegiatan GEMAS hanya dilaksanakan 1 kali dengan penggalangan donasi dilakukan secara online. Penggalangan donasi dimulai dari tanggal 15-25 November 2020. Pihak panitia menerima donasi berupa pakaian, alat tulis, ataupun uang. Cara mendonasikannya juga cukup mudah, jika donasinya berupa uang, bisa dengan cara tranfer ke pihak terkait dan jika berupa pakaian atau alat tulis bisa dengan COD (bertemu pihak panitia secara langsung) atau dipaketkan ke alamat terkait. Setelah semua donasi sudah terkumpul 25 November 2020 siang, panitia mulai mempersiapkan dan menata kembali barang-barang dan uang yang akan dibawa pada hari-H.

Pelaksanaan atau pemberian donasi dilaksanakan pada hari Kamis, 26 November 2020, di Panti Asuhan Yatim Piatu Mawaddah Warohmah. Pelaksanaan kegiatan GEMAS, diawali dengan sambutan ketua pelaksana Laili Rahmawati, sambutan Ketua Umum HMP IPA OMEGA Febriana Nur Fauziah, dan dilanjutkan sambutan oleh pengasuh Panti Asuhan Yatim Piatu Mawaddah Warohmah Frida Islamiyah. Setelah sesi sambutan berakhir, dilanjuttkan dengan penyerahan donasi kepada Panti Asuhan tersebut dan kegiatan tersebut diakhiri dengan do’a dan sesi foto.

Acara kegiatan GEMAS di Panti Asuhan Mawaddah Warohmah berjalan lancar. Banyak dari masyarakat dan mahasiswa yang turut berdonasi dalam kgiatan ini. Semoga barang yang didonasikan mampu membantu dan bermanfaat bagi seluruh warga Panti Asuhan Mawaddah Warohmah serta menjadikan kita semua orang yang lebih peduli dengan lingkingan sekitar kita.